Pages

Subscribe:

Social Icons

Social Icons

Featured Posts

Minggu, 02 Desember 2012

Semesteran Ala Sman Ultra




Akhir tahun memang selalu ditunggu-tunggu selain menanti pergantian tahun hal yang tidak kalah pentingnya bagi para siswa, yaitu ujian pertengahan tahun atau yang biasa disebut semesteran. Di sekolah-sekolah biasa semesteran dilakukan dengan cara tertulis. Namun mulai tahun ini ada yang berbeda dengan sekolah tercinta SMAN 1 Indralaya Utara. Dimulai hari ini semesteran diadakan secara online. Yang telah disetujui oleh Dinas Pendidikan.

Sebagai bahan percontohan telah berjalan selama beberapa hari kemarin kelas axcel Sman Ultra yang diberi nama CIBI melaksanakan ujian lebih cepat dari kelas lain dan telah menerapkan ujian dengan cara online. Menurut salah seorang anak dari kelas CIBI ujian dengan cara online cukup berhasil dan lebih praktis dari pada ecara manual dengan cara tertulis.

Namun tidak bisa dipungkiri ujian online tidak sepenuhnya berjalan lancar, toh ada juga hambatannya. Sebenarnya ujian secara online ini bukan yang pertama kalinya dilakukan di Sman Ultra. Beberapa bulan yang lalu ujian mid semester juga dilakukan dengan cara online. Bisa juga dikatakan bahwa itu adalah uji coba.

Seperti yang kita ketahui yang namanya uji coba itu adalah permulaan. Disitulah kita bisa menemukan kekurangan dan kelebihan dari ujian online. Kebanyakan hambatannya dikarenakan koneksi pada modem yang tidak stabil. Akibatnya ada beberapa kasus yang terjadi. Hambatan lain juga bisa ditimbulkan oleh gangguan aliran listrik yang sewaktu-waktu bisa mati dengan tiba-tiba.

Selain hambatannya ada juga sisi positif yang sangat banyak diantaranya mengurangi global warming, karena jumlah kertas yang digunakan semakin berkurang. Mempermudah guru dalam merekap nilai. Aplikasi yang membantu ujian online ini hingga terlaksana ialah Edmodo. Belum banyak sekolah-sekolah khususnya di Sumsel ini yang mengenal bahkan menggunakan jasa Edmodo ini. Beruntung Edmodo ini membawa banyak dampak positif. 

Baru-baru ini Ogan Ilir mendapat penghargaan di posisi kedua mengenai ITC yang diwakili oleh salah seorang guru TIK dari Sman Ultra karenu penggunaan Edmodo. Tidak hanya sekolah saja tapi penghargaan itu mewakili Kabupaten. Sebagai siswa Sman Ultra dengan adanya  ujian online ini mempermudah kegiatan di sekolah.

Turut membantu Sman Ultra disponsori oleh Smartfren yang sangat membantu sebagai penunjang kedua selain laptop dalam pelaksanaan ujian ini. Lebih kurang 98% produk yang digunakan ialah produk dari Smartfren. Pihak sekolah baik siswa maupun para guru sangat berharap program ini dapat memberikan hasil yang sangat baik pula.
Menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain agar menjadi motivasi dan juga memberikan dorongan kepada para siswa untuk mengikuti kemajuan zaman. Jadi pada tahun-tahun kedepan perubahan yang baik bisa dijumpai. See you!

By Povi Olivia
SMAN 1 Indralaya Utara

0 komentar:

Posting Komentar